MANUSIA YANG PALING SUKSES

Orang yang sukses adalah orang yang paling bermanfaat . Rasulullah SAW bersabda, “… Dan sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.”

Hidup haruslah bermanfaat, bukan mencari manfaat pada orang lain. Apa yang menjadi manfaat bagi orang lain sesungguhnya itulah rezeki kita. Hidup yang berarti adalah ketika kita mati, pahala kebaikan dan manfaat yang kita buat selama hidup terus mengalir meskipun kita tidak hidup lagi.

Inilah sesungguhnya kebahagian sejati. Bukan memenuhi kebutuhan pribadi, tapi menebarkan manfaat ke semesta.

Apa misi hidup kita di dunia ini?

Lebih lanjut, diriwayatkan oleh Ibnu Umar, bahwa seorang lelaki mendatangi Rasulullah SAW dan bertanya, “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling dicintai Allah? Dan amal apakah yang paling dicintai Allah SWT?”

Rasulullah menjawab, “Orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia dan amal yang paling dicintai Allah adalah kebahagiaan yang engkau masukkan ke dalam diri seorang muslim atau engkau menghilangkan kesulitan atau engkau melunasi utang atau menghilangkan kelaparan. Dan sesungguhnya aku berjalan bersama bersama seorang saudaraku untuk (menunaikan) suatu kebutuhan lebih aku sukai daripada aku beritikaf di masjid ini—yaitu Masjid Madinah—selama satu bulan….” (HR Thabrani)

Inilah rahasia hidup kita ini. Selama ini sering diartikan—bahwa sejati kebahagiaan adalah ketika kita bisa mencapai dan memenuhi kebutuhan dan hasrat pribadi dan keluarga. Pemenuhan ke dalam! Tapi ternyata, dari sabda Rasulullah tadi, disampaikan bahwa hidup yang sejati adalah ketika kita berlimpah dan memberi kelimpahan pada sesama. Inilah sesungguh rahasia dari manusia, sang Khalifatul fil ardhi. Rahmatan lil ‘alamien.

Inilah sesungguh misi hidup kita di dunia ini!

Hidup harus bisa memberi makna. Makna apa yang telah kita berikan pada orang banyak dan dunia ini? Apakah pertanda, warisan yang akan kita tinggalkan?

 

About these ads

2 gagasan untuk “MANUSIA YANG PALING SUKSES

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s