Guru dan Buku, Jendela Duniaku

Guru, dan Buku. Dua hal yang banyak berperan dan membentuk hidupku. Guru dan buku menuntun langkahku mengenal dunia. Puaskan hasrat, puaskan hausku akan keingintahuan. Lewat guru dan buku, terbukalah dunia bagiku. Buka cakrawalaku, terbangkan imaji ke negeri-negeri jauh.

Aku berlari menelusuri padang luas ilmu pengetahuan. Mengunjungi negeri-negeri masa lalu, menjumpai ahli-ahli pikir. Berdialog dengan filsuf, ahli agama, dan penemu sains. Berlabuh di tepian sungai Nil, bermain di taman Athena, Babylonia, Macedonia. Dan ketika inspirasi datang dari mereka, maka dengan alat sederhana aku praktek hasil penemuan mereka. Karena tak ada yang mendampingi, menuntunku, maka selesai begitu saja tak maju praktikku.

Lalu ketika sayapku sanggup terbangkan diri, maka kujelajahi rimba belantara, menyusup ke puncak gunung, membawa semangat dan cita-citaku terbang setinggi-tingginya. Lalu, dimana saja ada samudera, kudatangi dan kuarungi lautnya. Berkunjung ke berbagai benua, mengunjungi negeri-negeri asing. Berkenalan dengan berbagai budaya. Dunia terasa indah dalam masa kecilku.

2 pemikiran pada “Guru dan Buku, Jendela Duniaku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s