Semalam saya bertemu dengan kawan-kawan lama seperjuangan. Kawan-kawan yang saya temui ini bukanlah orang-orang sembarangan. Mereka ada pada top level pada masing-masing kampusnya dahulu. Para mantan Ketua Senat Mahasiswa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Senat Mahasiswa se-Jakarta (FKSMJ). Orang-orang yang dahulu memaksa Harmoko dan pimpinan DPR/MPR untuk menyatakan meminta Soeharto mundur dari jabatanya. Bayangkan, ketika tidak ada satu pun yang berani meminta mundur waktu itu, kami telah memaksa DPR/MPR untuk meminta Soeharto mundur, karena bagaimanapun DPR/MPR adalah representasi dari rakyat.

Kalau bicara era ’98, dan kalau mengikuti era ini, siapa sih yang tidak kenal dengan FKSMJ? Gerakan fenomenal yang menduduki gedung DPR/MPR pertama kali, selanjutnya baru setelah itu masuklah komponen-komponen lain sehingga gedung ini tumpah-ruah dan berujung pada lengsernya Soeharto. Ada sekitar 73 orang pimpinan Senat Mahasiswa se-Jakarta memasuki gedung DPR/MPR dengan mendompleng rombongan para dosen IKIP Jakarta. Saat itu gedung ini telah dikelilingi oleh para tentara yang bersenjata lengkap dan tidak bisa sembarang orang masuk ke sana. Suasana waktu itu sangat menegangkan, setelah peristiwa Trisakti kerusuhan melanda di mana-mana.

10 tahun tidak berkumpul dan bertemu lagi, sepertinya ada yang lain pada malam ini. Suasana kerinduan, emosi dan semangat kawan-kawan ini masih sama. Setelah Soeharto tumbang, orang-orang ini kembali ke kampus, meneruskan hidup yang tertunda. Selesai kuliah, menjalankan peran masing-masing. Ada yang terlibat pada jalan politik, ada yang masuk ke dunia kerja, dunia bisnis, mengajar dan sebagainya.

10 tahun tidak bertemu, tapi rupanya ada kesamaaan dan keresahan yang mengumpulkan kami pada malam tadi. Keresahan melihat persoalan bangsa yang masih saja menderita, para elite yang lupa pada rakyatnya. Sebaik apapun posisi kami sekarang ini, tapi kami masih gundah melihat nasib negeri kami. Korupsi yang merajalela, dan sebagainya. Maka, berawal dari kegundahan ini berkumpullah kami malam ini.

Salah seorang dari kami mengeluarkan arsip-arsip lama. Beliau dahulunya bertugas sebagai Sekretaris FKSMJ. Masih lengkap, kami terpana melihat catatan-catatan lama yang disimpan rapi. Absen rapat-rapat marathon dahulu, berpindah dari satu kampus ke kampus lain. Arsip berita, pernyataan sikap (statement) dari awal sampai akhir, masih ada. “Arsip ini masih tersimpan rapi di kamar saya”, katanya. “Saya tidak akan mengeluarkan dari kamar sampai ada perintah dari kawan-kawan”, demikian disampaikannya.

Ada pernyataan sikap meminta Soeharto mundur, sampai merancang pertemuan Ciganjur yang mempertemukan para tokoh-tokoh yang akhirnya mengeluarkan Deklarasi Ciganjur. Semua masih rapi. Ada niat di antara kawan-kawan untuk mengumpulkan arsip-arsip dan foto-foto yang berhubungan dengan kami. Rencanaya akan membuat buku agar mengimbangi sejarah yang ada serta menyingkap yang tertutup.

Malam semakin larut, persoalan kekinian pun harus dipikirkan. Beda dengan dahulu, ketika masih lajang kami bisa rapat sampai pagi. Saat ini masing-masing kami hamper semua sudah berkeluarga dan mesti pulang. Ada kawan yang telah ditunggui isteri dan anaknya di rumah, dan ada pula yang ditunggui isterinya yang tengah hamil tua.

Masih ada waktu lain, kami pun sepakat untuk bertemu kembali dan membicarakan agenda yang tertunda.


 

Iklan

10 tanggapan untuk “Reuni Aktivis ‘98

  1. wah…
    keren euy..
    apa mo ada reformasi jilid 2? ato langsung revolusi aja pak!! kesuwen!!!

    10 taon bukan waktu yang lama tuk sekedar memperhatikan dan duduk manis melihat arah perubahan bangsa ini mo kemana… dan segala sesuatu bisa berubah selama 10 taon ini, bener gak sih pak??? saya nyambung gak???!!! hehe..:D

    cuman neh pak, 10 taon bisa menjadikan orang2 dah beda orientasi dan tujuan. Cuman bisa ngasih pesen, waspada aja sama manusia2 yang berusaha mendompleng atas nama perubahan. SALAH2 qta bisa digiring menuju kehancuran!! Arggghhhh… gak mau saya!

    salam perubahan!
    salam pembebasan!
    salam kebangkitan!

  2. Mengajak rekan- rekan mengikuti kegiatan Jelang DASAWARSA Reformasi untuk melaksanakan PUASA KEPRIHATINAN Jum’at 13 Maret 2008 s/d 15 Maret 2008 bertempat di Tugu Proklamasi. Acara dimulai dari pukul 03.00 pagi sahur bersama.

  3. SELAMAT ATAS REUNI NYA ANE JUGA IKUT AKSI KE GEDUNG DPR
    FOTO2 ANE JG MASIH AD WAKTU AKSI SEKARANG MAH UD SIBUK KERJA DI TOYOTA TSUSHO LOGISTIC CENTER NYARI DUIT BUAT ANAK. SUKSES BUAT ANAK2 98 DULU ANE ANAK BSI KRAMAT

  4. Slm KOmunis Untk semua Aktivis ’98….
    “anda seorang pejuang rakyat bawah/ats/menengah/asing..?itu sbuah tanda tanya buat gw..????Lihat ke belakang,Pas jatuh rezimnya ALm.Bpk Soeharto,Ekonomi Indonesia makin Hancur sampai saat ini.Moral,Budaya,Politik,ekonomi.dll makin Hancuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuur.Democrazy&Reformasi apa yang kalian Maksud,.Anda semua tdk sungguh-sungguh berjuang untk Rakyat bawah,anda semua berjuang untuk kepentingan kelompok PATRIOT AMERIKA.Persetan dngn HAM..Makan tuch DEMOCRAZY & REFORMASI,.

  5. Slm KOMUNIS…”Lihat sekrang kasus KORUPSI terang menderang bgai chy MTAHARI.Liht kasus CENTURY yang merugikan Negara Indonesia 6,7T knp Anda semua pd ngumpet,apkh anda mendpt jatah dri SBY,BUDIONO,SRI MULYANI..?Lihat ke Belkng,Rezim Alm.Bpk Soeharto.isunya KORUPSI,shingga dia jatuh.Pdhl di Th ’85-’96 Indonesia di mata dunia,dpt gelar Bank Dunia,dmn Perputran ekonomi Dunia Di pusatkan di Indonesia,Ekonomi Kerakyatan yg Pro Rakyat Bawah,Pekerjaan Mudah,Dollar Kita Injak-Injak,Skrng Rupiah Sebaliknya.dan Indonesia Hampir Produksi Besar Mobil TIMOR,klo mobil TIMOR terus di Produksi smpai saat ini,Kita semua Sejahtera………….Di zaman skrng untuk saat ini MISI AMERIKA & Sekutunya JAYA.President SBY & Sekutunya berlomba-lomba korupsi uang negara/rakyat,bagaikan anjing mengejar tulang.mw di bw kmn Indonesiaku yang penuh dngn KORUPSI.liht zmn sekrng,Ekonomi,Moral,Politik,Budaya,Agama makin HANCUUUUR.pekerjaan sulit + Kontrak….
    Pesan : “Jadilah seorang yang berjuang sungguh-sungguh untuk kepentingan rakyat bawah”….Slm Unek-enek.

  6. Mestinya aktivis ’98 ikut partisipasi kasus Century yang Jelas dan Fakta.dan mestinya SBY + Kbinet2 Di bubarkan.Merka itu Gembler Korupsi.Rakyat bawah tertindas.Masa Alm.Bpk soeharto bisa di gulingka\n,sdngkan SBY + Sekutunya tdk bisa.jngn-jngn anda semua(aktivis’98) PATRIOT AMERIKA & SEKUTUNYA.Bubar saja kalian,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s