Strategi Online

Penjualan melalui internet (online) saat ini tengah menjadi trend buat para pelaku bisnis. Baik perusahaan atau pelaku bisnis mencoba memasuki pasar melalui internet ini. Baik pelaku yang mempunyai toko riil—dalam arti punya toko offline dengan berupa tempat nyata ataupun yang hanya mengandalkan semata pada toko maya (online) dalam arti tidak punya toko nyata.

Tapi ada hal yang menjadi persoalan pada hampir semua pemain online. Berdasarkan sebuah survey, dari sekian banyak orang yang berkunjung ke suatu website, 70% pergi begitu saja, 30% yang tertarik, dan paling hanya 2,5% saja yang melakukan transaksi. Itu pun sudah bagus, kalau tidak hanya 1% saja atau tidak melakukan transaksi sama sekali.

Bicara marketing online, tidak semata hanya olah SEO (search engine optimize) saja, supaya website kita ramai oleh pengunjung. Apa artinya, kalau pun website kita ada pada halaman satu Google, tapi tak ada yang melakukan transaksi atau tidak terjadi deal yang diinginkan?

Apa yang salah?

Padahal website/webstore sudah dibuat canggih sekali. Menggunakan engine atau software khusus serta menggunakan shopping cart pula. Padahal, ada yang hanya menggunakan blog saja tapi transaksinya luar biasa. Tampilan dan content biasa-biasa saja, tapi mengalahkan transaksi webstore yang dibuat dengan konsep e-commerce.

Ternyata ada ilmunya saudara-saudara. Perlu strategi dan taktik rupanya.

Saya mendapatkan tambahan ilmu ini saat mengikuti TDA Forum yang diadakan di Hotel Sofyan, Jumat malam 15 Agustus yang lalu. Disampaikan oleh pakar internet marketing nomor satu Indonesia, Nukman Luthfie. Beliau menyampaikan strategi bagaimana melakukan penjualan melalui internet (internet marketing). Bersyukur saya bisa pada forum penuh ilmu ini, sekaligus pada saat yang sama juga diluncurkan (soft launching) portal TDA yang akan menjadi rujukan bisnis dan kewirausahaan di Indonesia.

Iim Rusyamsi: Kata Sambutan dari Presiden TDA
Soft Launching Web Portal Tangan Di Atas
Pak Nukman, Menyampaikan Materi dengan Gaya Menawan
Mas Riyeke Ustadiyanto: Pakar SEO Indonesia yang datang dari Bali

Strategi penjualan melalui internet (online) pada dasarnya sama dengan strategi yang dilakukan untuk membuka toko biasa (offline). Bagaimana membuat konsep dan penjabaran/implementasi penjualan. Ada hal-hal mendasar yang harus diperhatikan.

Diantara yang menjadi catatan saya adalah, pertama: Pahami target yang menjadi pembeli.

Kita tidak bisa membuat online store hanya berdasarkan selera kita sebagai pemilik saja. O, ini yang bagus, ini yang tidak. Tidak bisa, kita harus bisa memahami selera pasar kita. Apa kira-kira yang akan membuat pengunjung akan tertarik? Kita juga harus memahami, diantara sekian banyak pengunjung itu terdiri dari berbagai tingkatan kategori; ada yang awam, paham, dan butuh. Dari ketiga kategori pengunjung ini kita bisa membuat tampilan website yang membantu mereka. Kita tidak bisa menyama-ratakan mereka, apalagi memahami mereka dengan selera kita.

Kedua: Apa produk yang dijual?

Seharusnya kita bisa mengklasifikasi produk yang dijual, dan ditujukan untuk siapa? Hendaknya produk yang dijual masih dalam satu klasifikasi dan memang yang dicari oleh pengunjung. Tidak bagus dalam satu webstore disitu ada dijual apa saja. Ada baju, ada makanan, mainan dan sebagainya. Hendaknya fokus, apakah pakaian muslim, distro kaos anak muda, mainan, atau apa saja yang penting jelas apa dan target pasarnya apa.

Banyak lagi yang disampaikan oleh Pak Nukman. Penjabaran dari strategi dan sedikit taktik bagaimana website yang dibuat menarik dan digemari oleh pengunjung. Tapi tidak semua ilmu yang disampaikan dalam forum tersebut bisa saya jabarkan disini. Apalagi ada trik-trik dan rahasia yang hanya disampaikan khusus untuk peserta forum saja.

Menurut saya, sajian Forum TDA kemarin adalah daging semua. Kalau pun ada tulang sedikit, tetap renyah kok untuk dilahap🙂

Jadi, ya menyesallah anda yang tidak bisa datang kemarin. Semoga di lain waktu ada kesempatan lagi untuk menikmati sajian dari Pak Nukman.

Satu pemikiran pada “Strategi Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s