Hari kedua di Cibodas—dalam hari ketiga acara Latihan Kepemimpinan mahasiswa. Menjelang petang, kabut turun membawa temaram yang mulai datang. Lagu-lagu Enya dalam albun A Day without Rain, membawa kenanganku kepada masa-masa lalu. Saat masih menjadi mahasiswa, dalam kontrakan berupa kamar 3 x 3 meter lagu-lagu ini menemani hari-hari bersama kawan-kawan satu cita-cita. Melahirkan dan membentuk budaya gerakan di kampus kami.

Suka duka selama menjadi mahasiswa, tinggal—tidur dan makan bersama dalam satu kontrakan. Terkadang ketika awal bulan datang, sang Pemilik kontrakan akan memberikan kode berupa suara-suara berisik sapu lidi yang disapukan di halaman kontrakan, tinggallah kami para penghuni yang kecut ngumpet pura-pura tidur atau tidak di rumah. Setelah melihat Umi—kami memanggilnya begitu, barulah kami ada yang berani keluar kamar.

Terkadang ada kawan yang ketangkap basah, ketika dia keluar karena merasa sudah tidak ada Umi tiba-tiba dia muncul begitu saja beliau, menanyakan uang sewa kontrakan. Untunglah, kamar mandi yang tepat di samping kamar kami, menyelamatkan sang kawan. Dengan menjawab asal—kadang dengan suara yang tidak jelas, sang kawan lalu buru-buru masuk ke kamar mandi.

Musik instrumen dan lirik-lirik lagu Enya, kembali membawaku kepada kenangan masa lalu lainnya. Tapi hari semakin beranjak petang, kawan-kawan masih ada satu materi pelatihan lagi. Setelah itu harus bersiap pulang. Tak ada waktu lagi terbang ke masa lalu. Hari ini begitu banyak rencana-rencana yang tertunda, untuk menggapai cita-cita kejayaan diri.

Malam ini akan kembali ke Jakarta. Aku akan mengisi kesibukan kembali dalam program kerja rancangan sendiri. Setelah terbebas dari dunia rutinitas kerja sebagai karyawan, sekarang aku sudah menjadi wirausaha. Berusaha, berbisnis sendiri. Merancang, membangun masa depan. Menjemput rezeki berdasarkan kemauan sendiri. Semoga jalan ini menjadi jalan terbaik buat diri, keluarga dan umat ini.

Cibodas, Minggu 31 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s