http://hensyam.co.nr
Perbanyaklah melakukan hal baik, maka Tuhan akan mendukung kita. Ketika kebaikan ditanam dan diperbanyak, maka akan berbuah pula kebaikan.

Sering orang hanya bisa melihat pada kelemahan, kekurangan seseorang. Pandai mengkritik, pandai berdebat adalah sebuah keahlian yang sekarang malah menjadi tontonan. Menjadi talk show, adu debat, dan saling menjatuhkan. Setiap hari kita disuguhi oleh televisi, koran, majalan, dan radio pada hal-hal ini.

Negeri kita hebat pada perdebatan, hebat beropini. Tapi tak banyak juga perubahan yang dihasilkan. Anjing menggonggong, kafilah terus berlalu.

Cukuplah para Spesialis saja yang melalukan perdebatan, diskusi-diskusi panjang. Toh, itu ‘kan memang pekerjaan mereka. Sebagai manusia merdeka, banyak hal yang bisa kita lakukan. Perubahan-perubahan tidak selesai pada kritik, debat, asumsi, dan adu mulut saja. Yang penting, bekerja, action adalah lebih baik. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk perubahan.

Berfokuslah pada kebaikan

Saya teringat pada contoh kasus Mario Teguh, seorang inspirator-motivator yang sempat dihebohkan oleh tulisan beliau di Twitter beberapa waktu lalu. Mengenai pernyataan beliau tentang wanita yang tidak layak dinikahi. Yaitu wanita yang suka minum-minum, merokok dan dugem.

Jagat maya heboh, muncullah kontroversi hebat. Caci-maki, kritik, menentang, maupun yang mendukung atas pernyataan beliau tadi. Seorang selebriti, malahan sampai menyatakah dia kecewa, meng-unfollow dari Twitter-nya Mario Teguh.

Bukannya terlibat pada perdebatan yang liar, Mario Teguh hanya menyampaikan permintaan maaf dan klarifikasi, lalu beliau menghapus account beliau, keluar dari Twitter. Padahal, saya baru saja mau men-follow beliau di Twitter.

Banyak yang menyayangkan dihapus atau keluarnya Pak Mario Teguh dari Twitter. Tapi itulah, dari pada larut pada perdebatan panjang, pro kontra, beliau malah fokus pada kerja-kerja beliau memberikan inspirasi dan motivasi buat orang banyak. Energi beliau tidak terkuras pada hal-hal negatif seperti ini.

Dan hasilnya apa? Luar biasa! Ketika beberapa orang fans meninggalkan beliau, ratusan, ribuan lainnya orang-orang baru malahan menjadi fans Mario Teguh. Hasilnya, berdasarkan catatan Musium Rekor Indonesia (MURI), fans page Mario Teguh di Facebook tercatat memiliki fans terbesar, menembus rekor dunia! Lebih dari sejuta orang, mengalahkan fans page Oprah! Luar biasa!

Inilah contoh hasil berfokus pada hal-hal baik. Ketika kita fokus pada kebaikan, maka seperti magnet ia akan menarik kebaikan-kebaikan pula pada diri kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s