Refleksi 2011 dan Resolusi 2012

Hari ini adalah hari terakhir di tahun 2011. Sebagian orang memanfaatkan  liburan akhir tahun ini dengan kegiatan rekreasi dan hiburan, setelah setahun penuh kerja dan sebagainya. Tempat hiburan dan wisata penuh sesak, dan keramaian terpusat di tempat-tempat tertentu.

Terompet akhir tahun berkumandang dimana-mana, makanan-minuman terhidang. Hampir semua orang larut dalam suka-cita sesaat, hura-hura dan sebagainya.

Dan sebagian kecil lainnya, khusuk dalam suasana kontemplasi, merefleksi hari-hari panjang yang telah berlalu dan menyiapkan resolusi apa yang akan dicapai di tahun depan.

Hari-hari pasti berlalu, tak ada yang abadi. Masa depan adalah keniscayaan. Pertanyaannya, apakah pada hari-hari yang telah berlalu itu kita telah meninggalkan catatan gemilang?

Sahabat, pada akhir tahun ini marilah kita sempatkan untuk merenungkan apa-apa saja prestasi dan kesalahan yang telah kita lakukan. Saat yang tepat, mari ambil selembar kertas dan pena. Telusuri dari hari pertama sampai hari terakhir 2011 ini. Jika ini adalah hari terakhir kita, paling tidak kita telah meng-hisab perjalanan kita.

Bagi seorang muslim, sebenarnya sudah terbiasa dengan menghisab diri. Menghitung diri ini tidaklah di akhir tahun saja. Per hari setiap individu diharuskan memikirkan apa saja yang telah dilakukan diri, adakah kebaikan dan dosa apa saja yang telah diperbuat?

Menjelang tidur, setiap kita diajarkan ber-istighfar dan mensyukuri perjalanan hari itu. Meminta ampun atas salah dan dosa, serta berterimakasih kepada Tuhan atas nikmat-Nya pada hari itu. Dan berniat, esok hari akan melakukan yang terbaik lagi.

“Demi sang waktu, sungguh manusia itu dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebaikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran.” Alquran, surat Al-‘Ashr (Masa).

Waktu memegang peranan penting, sampai dalam Alquran Allah Swt menyebut dan menekankan beberapa kali.

“… Merugilah orang yang hari ini sama dengan hari kemarin. Dan celakalah orang yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin”, demikian Rasulullah SAW menyampaikan melalui Bukhari Muslim.

Waktu yang telah berlalu tak bisa lagi diputar ulang, pintu yang tertutup tak lagi bisa bisa dibuka. Pintu baru telah terbuka, dan semua kita niscaya akan masuk kesana.

Malam tahun baru bukanlah saatnya bersuka-cita. Banyak cara mulia untuk mengakhiri tahun dan menyambut tahun baru. Berbagai masjid dan tempat mulia lainnya mengadakan muhasabah akhir tahun. Mari kita catat apa-apa saja yang telah kita lakukan dan tertunda dan menyiapkan rencana-rencana. Hendaklah setiap diri menghisab apa-apa yang telah dilakukannya, demikian pesan Allah Swt.

Barangkali dalam bisnis, ada perencanaan yang belum terlaksa. Atau ada yang diluar perencanaan malah tercapai.

Alhamdulillah, di tahun ini kami sudah punya konveksi sendiri untuk produk baju renang muslim. Sebelumnya, untuk produk pakaian renang dan olahraga muslim kami menjalankan sistem makloon alias mengupah ke orang lain untuk rancangan produk yang kami siapkan. Kami juga punya brand baru: sporte (http://sporte.co.id) setelah sebelumnya brand eFashion (http://efashion.co.id). Brand sporte sudah masuk terdaftar di Dijen HAKI Departemen Kehakiman dan untuk dua alamat website ini sudah mendapatkan domain co.id jika sebelumnya hanya numpang di blog gratisan wordpress. InsyaAllah untuk ke depan eFashion hanya dijadikan nama perusahaan saja.

Ibarat membangun, barangkali baru pondasi yang kami bangun. Sudah tentu banyak rintangan dan cobaan menghadang. Hidup tak seindah yang dibayangkan, tapi bagaimana untuk terus mengejar keindahan itu sendiri atau menciptakan keindahan lainnya. InsyaAllah di tahun 2012 ini eFashion bisa menjadi perusahaan yang mandiri sebagai perusahaan penyedia pakaian renang muslim terbaik dan mendunia. Amien.

Tentu para sahabat sekalian punya prestasi lain yang lebih baik. Mari kita catat dan syukuri atas nikmat ini. Dan mari jadikan kesalahan dan kekurangan ini sebagai bahan untuk perbaikan berkelanjutan.

Esok matahari 2012 insyaAllah akan bersinar. Mari siapkan resolusi. Tak perlu takutkan kiamat akan terjadi pada tahun ini. Sebab kalaupun tak ada kiamat besar, “kiamat kecil” pun bisa terjadi pada setiap orang. Tinggal bagaimana kita menyiapkan diri dan melakukan yang terbaik!

InsyaAllah kami akan mengikuti mengisi akhir tahun ini dengan muhasabah di Masjid BI, Jakarta dengan 2 orang pembicara hebat: Ustad Salim A. Fillah dan Ustad Muhsinin Fauzi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s