Memaafkan itu Mulia

Diposting dari tulisan isteri saya:

Diriwayatkan oleh Tabrani dari Ubadah bin Shamit RA, Rasulullah SAW berkata:
Inginkah kalian kuberitahu sesuatu yg dapat membuat Allah SWT memuliakan sosok pribadi dan meningkatkan derajat? “Mereka berkata, Mau Wahai Rasulullah”. Beliau bersabda :

“Bersikap lembut pada orang yg bodoh darimu, memaafkan orang yg menzalimimu, memberi orang yang menahanmu, dan menghubungkan silahturahim orang yg memutuskanmu.”

Hadist ini terbukti dengan cerita teman saya, teh Putri (nama disamarkan). Beberapa waktu yang lalu teh Putri pergi melayat saudara seorang ustadzah yg baru saja meninggal.
Yang meninggal ini adalah seorang ibu rumah tangga biasa, yang pendidikannya juga biasa saja. Tapi saat beliau meninggal begitu banyak yg mensholatkan, sampai-sampai mesjid yg 3 lantai penuh dan sampai shalat diluar.
Bukan hanya itu, ketika melayat, teh Putri dan tamu-tamu yang lain mencium bau yg sangat wangi sekali pada diri almarhumah, bau yang belum pernah dicium sebelumnya. Wangi tersebut memenuhi semua ruangan, yang membuat orang-orang berbisik, gerangan apa yang dikerjakan almarhumah sehingga dari beliau tercium wangi sekali.

Ketika ditanya pada sang anak, mereka bilang ibunya hanya seperti Muslimah lainnya, yang biasa tahajud, shalat dhuha, puasa senin kamis. Ketika terus didesak orang-orang, apakah amalan lain si  ibu, anaknya baru ingat, ibunya sangat pemaaf sekali, tiada dendam di hatinya. Ketika ada selisih dengan keluarga atau orang lain pastilah dia yang minta maaf duluan, walaupun sebenarnya beliau nggak salah.  Walaupun orang tersebut masih marah dan memaki-maki beliau, ibu tetap tersenyum dan minta maaf. Beliau mendatangi orang tersebut sambil membawakannya  oleh-oleh buah.

Subhanallah..ternyata pemaafnya sang ibu telah menggetarkan pintu langit, membuat beliau Mulia disisi Allah SWT. Sehingga di dunia pun Allah telah memperlihatkan kepada kita bagaimana mulianya derajat ibu ini nantinya di akhirat.

Semoga kita bisa mencontoh beliau dan menjadi hamba yg dimuliakan Allah SWT, amiin….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s