Pekan kemarin adalah hari-hari luar biasa bagi saya. Mengikuti kelas Basic Training di, AsiaWorks Jakarta. Kenapa saya katakan ini luar biasa…? Karena ekspektasi saya pada acara ini tidak terukur dan masih belum jelas….

Dua hari pertama training, belum ada yang signifikan yang ‘nyantol ke saya. Sejujurnya apa yang disampaikan oleh Trainer menurut saya tidak ada yang baru, saya telah banyak baca, pernah mengikuti training-training hampir serupa. Apa yang disampaikan banyak bertebaran dan sudah umum diketahui.

Tapi ya itu…. Ternyata inilah persoalan mendasar khususnya pada diri saya. Berapa banyak yang sudah diketahui… tapi ternyata tidak berimbas pada kehidupan dan tidak mempengaruhi signikan pada jalan hidup, baik itu pada pribadi, hubungan dengan orang lain ataupun bisnis! Inilah jebakan intelektual! Jebakan pengetahuan! Berapa banyak dari Anda yang juga punya pengalaman yang sama?

Saya tahu, untuk mencapai kesuksesan adalah dengan komit dan konsisten terhadap apa yang sudah dibuat. Untuk sukses butuh disiplin dan semangat! Tapi…. itu tinggal di dataran pemahaman saja, tidak termanifestasikan dalam sikap, perilaku dan tindakan!

Training berlangsung 5 hari, Rabu – Jumat jam 18.30 – 24. Sabtu 10-23 dan Minggu 10 – 18.30. Tidak disediakan malam malam, hanya break sholat dan coffee break. Untuk Sabtu dan Minggu pun tidak disediakan makan siang dan malam. Jadwal training yang padat benar-benar merusak zona zaman. Tidak slide/presentasi, materi ataupun pegangan dalam training ini. Tapi walaupun semua tekanan dan dinamika training para peserta tidak ada yang tertidur, capek atau mengeluh terhadap training ini. Sampai tengah malam peserta masih melek walaupun belum makan malam.

Selama training ini saya disadarkan mengenai berbagai belief yang tertanam kuat dan ini ternyata mempengaruhi sangat dalam kehidupan. Mengenai reaksi otomatis yang spontan, yang menjadi topeng.

Sering kali kita memandang bahwa persoalan bisnis adalah persoalan manajemen, sistem, aturan dan lainnya. Tapi ternyata semuanya adalah persoalan ke diri sendiri. Semua tentang intention, komitmen, mekanisme, imej, dan kepura-puraan dalam hidup.

Dalam training ini saya mendapatkan cermin besar dalam kehidupan saya. Untuk mencapai suatu tujuan, yang paling mendasar adalah apakah kita aware terhadapa posisi, diri dan kondisi saya ini? Tak perlu berpura-pura bahwa saya berada disisi lain atau menghindar dari kenyataan. Dan, ketika kesadaran diri ini sudah dikuasai, sudah tentu akan ada halangan-hambatan yang akan menghadang. Apa sikap, perilaku dan tindakan yang akan dilakukan ketika menghadapi ini….?

Tanpa publikasi dan pemasaran konvensional, hanya dari rekomendasi peserta yang sudah mengikuti, training ini sudah diikuti oleh ribuan orang baik dari staf biasa, businessman, sampai top level perusahan. Saya merekomendasi sahabat sekalian untuk mengikuti training. Karena, untuk menjadi pribadi yang luar biasa, kita harus tahu seperti apa kebiasaan atau apa adanya saya selama ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s