its-me

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Saya hanyalah manusia yang ingin menjadi luar biasa.

Nama Lengkap: Helsusandra Syam. Dipanggil Syam oleh teman-teman atau saya bisa ditemukan dengan inisial Hensyam di sosial media.

Alhamdulillah, saya telah menikah. Sesuai adat di kampung saya, orang yang telah kawin mendapatkan nama baru (gelar). Saya diberi gelar oleh keluarga besar saya: Pangulu Kayo. Pangulu (Penghulu) artinya Pemimpin. Kayo artinya Kaya. Jadi, kira-kira artinya adalah Pemimpin yang Kaya, atau Pemimpin dari orang-orang kaya, barangkali itu maksudnya saya diberi gelar.

Nama adalah doa, semoga gelar yang diberikan ini menjadi doa dan kenyataan buat saya. Amien…

Keinginan saya, adalah menjadi yang terbaik.

Saya dilahirkan di Pangkalan Koto Baru, Kab. 50 Kota, Sumatera Barat. Sebuah nagari, perbatasan Sumbar – Riau. Setelah lulus dari STM 2 Padang tahun 1993, saya memutuskan merantau ke Jakarta.

Setelah 3 tahun, barulah saya bisa melanjutkan kuliah — dan selesainya pun terlambat. Pertama kali mengambil jurusan Teknik Komputer di STMIK Budi Luhur pada tahun 1996, yang tidak selesai kemudian melanjutkan di jurusan Sistem Informasi Universitas Budi Luhur.

Sempat menjadi aktivis mahasiswa. Pada tahun 1998 bersama pimpinan FKSMJ (Forum Komunikasi Senat Mahasiswa Jakarta) merupakan rombongan pertama yang menduduki gedung DPR/MPR setelah menyelinap dalam rombongan para rektor yang akan beraudiensi dengan pimpinan DPR/MPR. Setelah berhasil masuk kami memaksa para pimpinanDPR/MPR untuk meminta pengunduran diri Presiden Suharto. Suharto dan orde baru jatuh dan mulailah perjuangan untuk melanjutkan reformasi.

Pada tahun 2000 dipercaya menjadi Presiden Mahasiswa BEM STMIK Budi Luhur dan menginisasi terbentuknya BEM Perguruan Tinggi Budi Luhur yang kemudian menjadi Universitas Budi Luhur. Kemudian pada tahun 2000 ini juga dipercaya menjadi koordinator (Sekjen) FKSMJ yang terus melanjutkan perjuangan paska ’98. FKSMJ jugalah yang waktu itu gencar mengkampanyekan gerakan PSG (Potong Satu Generasi).

Sempat terkendala di perkuliahan kemudian tahun 2002 kembali aktif masuk kampus untuk melanjutkan perkuliahan.

Setamat kuliah saya bekerja di bidang IT, sesuai dengan jurusan kuliah. Hanya dua setengah tahun, saya merasa dunia kerja bukanlah dunia saya. Lalu saya memutuskan sepenuhnya berhenti dari dunia kerja, lalu berjuang menjemput rezeki Allah melalui jalan wirausaha.

Saat ini saya tinggal di Tangerang Selatan bersama isteri yang sangat saya cintai. Kami menjalankan bisnis produksi dan penjualan pakaian renang dan senam muslim dengan brand Sporte. Sporte merupakan salah satu pionir produk pakaian renang muslimah. Sporte mempunyai tagline: Now Muslimah Can Swim, dan sudah dipasarkan di berbagai wilayah Indonesia dan mancanegara, seperti Malaysia, Singapura, Kanada, Inggris, Belanda dan lainnya.

Selain berbisnis aktivitas saya adalah di Komunitas Tangan Di Atas, sebuah komunitas wirausaha terbesar di Indonesia. Aktif semenjak tahun 2006 ketika komunitas ini baru berawal melalui milis (mailing list). Interaksi di komunitas inilah yang memberi pengaruh cukup besar bagi saya untuk terjun ke dunia wirausaha, sehingga memutuskan untuk resign dari pekerjaan.

Pada tahun 2005 dipercaya menjadi Ketua TDA Tangerang Raya periode 5.0. Kemudian pada tahun 2017 dipercaya oleh Presiden TDA untuk mendampingi jajaran board of director (BOD) sebagai Wakil Direktur Hubungan Luar Negeri di ke pengurusan TDA 5.0.

Blog ini adalah catatan perjalanan hidup, sebagai rekaman untuk dikenang di masa depan. Terdapat tulisan-tulisan tentang bisnis, inspirasi, sosial-politik dan sebagainya. Semoga bisa menjadi inspirasi, motivasi dan berguna buat para pembaca.

Wassalam,

Hensyam

Iklan

26 tanggapan untuk “Tentang Saya

  1. Salam kenal Pak Syam,

    Saya Alex, urang awak juo, member TDA sejak feb 2007

    Saya ingin tahu pak Syam ikut mastermind mana?

    Kalau ga salah Bapak tinggal di daerah Keb Lama ya?

    Saya ngontrak di Cipulir, kapan2 kita bisa sharing pengalaman

    Thanks Pak

    Alex Bernadi
    0815 85 313 754
    alexbernadi.blogspot.com

  2. Pak Sam,

    Salam kenal ya pak sam,wah saya baca artikelnya cukup menarik,jadi saya teringat jambi 1 tahun lalu sewaktu kami tugas di jambi,sekarang lagi tugas di mana pak sam.
    terima kasih.

    Salam,

    Eddy.

  3. Salam kenal, Pak Syam!

    Saya anggota baru milis TDA. Senang dapat berkenalan dgn member² lain yang luarrr biasa… seperti Pak Syam!

    Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

    Abuyahya

    NB. : Itu foto bersama Nyonya di Lembangnya di mana? Saya tinggal di Lembang juga, Pak! Kalo lain kali ke Lembang lagi mampir aja……thx.

  4. Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

    Pak Abu Yahya, terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Benar, saya pernah ke lembang. Juni 2006 saya bersama Pak Roni dan kawan2 TDA Jakarta main ke Bandung. Bisa dibaca di arsip: https://hensyam.wordpress.com/2007/06/11/84/
    Alhamdulillah kami sempat menginap di DT, ketemu Aa Gym dan main-main ke Lembang.

    InsyaAllah perjalanan ke Bandung nantinya kita bisa bersilaturahmi.

    Semoga Allah SWT merahmati dan menyukseskan Pak Abu.

    Wassalam.

  5. Assalamualaikum ! saya rizki , Saya anggota TDA tapi hanya sebagai anggota yg mendaftar via internet! Belum pernah ikut kegiatan TDA. Tapi selalu mengikuti semua hal berhubungan dengan TDA.

    Senang bisa kenal dengan Pak Syam

    Mudah2an bisa berkenalan lebih jauh! dan berbagi pengalaman karena punya satu keinginan yaitu Full TDA

  6. Assalaamu’alaikum Pak Syam,

    Salam kenal Pak Syam, saya tinggal di Bandung. Saya sedang merintis usaha selama 8 tahun, sebelumnya pernah kerja jadi karyawan selama 5 tahun. Saat ini usaha saya sedang krisis, dan saya sedang mencari jalan keluar sehingga bisa mendapatkan solusinya.

    Apakah saya bisa bergabung dengan komunitas TDA ?

    Terima Kasih,

    Wassalaamu’alaikum,

    Fiki

  7. pak syam, saya tertarik dan terinspirasi dengan perjalanan hidup dan karir anda, kalo bapak mau dan jika bapak punya hoby nulis atau nyusun buku/tulisan bagaimana kalau kita kejasama dalam bidang penerbitan… tentu naskah bukunya harus berkwalitas dan memperhatikan pangsa pasar… trims semoga tertarik
    \\salam sukses// Adjie

    email: alien_kaku@yahoo.co.id
    cp : 081804205694

  8. ambo kini sadang kuliah pak.. di politeknik telkom… indak di sangko bpk ruponyo lulusan STM 2.. stm yg paliang di takuti di pdg.. semoga bisnis nyo sukses uda !!

  9. Asslm.
    sebelumya salam kenal pak syam..
    saya sangat tertarik sekali terhadap Bisnis DBS tapi jujur saya masih kuarng mengerti tentang semua itu.

    jadi mohon kiranya diberi penjelasan kepada saya…!!!!!!!

    Syukran

  10. Salam kenal.
    Pak Syam sukses yah, dan doakan saya, saya sedang focus jadi trainer & consltant Restaurant. terutama dalam bidang customer service.sama saya jg berangkat dari tukang sampah di Hotel Mandarin Jakarta pd th 1982.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s