Al-Khalil bin Ahmad membagi manusia menjadi empat golongan dalam masalah ilmu:

Pertama, orang yang tahu dan dia menyadari bahwa dirinya tahu. Inilah orang alim, bertanyalah kepadanya. Kesadarannya diwujudkan dengan mengamalkan ilmu yang telah diketahuinya. Inilah orang yang terpuji.

Kedua, orang yang tahu, tapi dirinya tidak menyadari bahwa dirinya tahu. Inilah orang yang alpa, maka ingatkanlah dia. Dia terjerumus ke dalam dosa, padahal dia tahu akan keharamannya. Dia seperti lupa bahwa pengetahuannya menentang tindakannya. Dia butuh seorang pengingat akan ilmu yang telah dipelajarinya agar mau bertaubat. Pujian atau celaan tergantung responnya terhadap peringatan tersebut.

Ketiga, orang yang belum tahu, namun dirinya menyadari bahwa dirinya belum tahu. Inilah orang yang minta bimbingan, maka ajarilah dia. Ini masih terhitung sebagai orang yang terpuji, karena kesadarannya akan menuntun dia untuk menjadi orang yang berilmu.

Keempat, orang yang tidak tahu, namun dirinya tidak menyadari ketidaktahuannya. Inilah orang bodoh, jauhilah ia. Inilah tipe manusia paling buruk, tak tahu diri dan congkak, paling sulit mendapatkan faedah dari nasihat dan pelajaran. Dia tidak bisa menerima kebenaran yang disampaikan orang lain, terutama jika berasal dari yang lebih muda, lebih rendah statusnya, atau lebih miskin darinya.

Sepantasnya kita mengaca diri, termasuk tipe manakah kita? Yang jelas, selagi kita masih mau belajar, maka terhitung sebagai orang yang terpuji. Ibnu Jarier Ath-Thabari, betul-betul mencintai ilmu sepanjang hidupnya. Jika dikalkulasi, setiap harinya beliau menulis tidak kurang dari empat puluh atau enam puluh halaman. Bahkan, ketika seseorang mendoakannya ketika sakit menjelang wafat, dia pun tertarik untuk menulis doa tersebut. Usai menulis, di saat tamunya hendak keluar, beliau menghembuskan nafas terakhirnya. Inilah potret ulama teladan yang mengetahui arti ilmu. Wallahu a?lam. (Abu Umar A)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s